selamat datang di http://sukmacool.blogspot.com

terima kasih karena telah membuka blog saya, disini anda dapat melihat tentang pengertian tik, perkembangan tik,SMPN 1 Denpasar, dan lain lain.

Jumat, 28 November 2008

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI(TIK)

Bila dilacak ke belakang, terdapat beberapa tonggakperkembangan teknologi yang secara nyata memberisumbangan terhadap eksistensi TIK saat ini.
Pertama adalahtemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875.Temuan ini kemudian ditindaklanjuti dengan penggelaranjaringan komunikasi dengan kabel yang melilit seluruh daratanAmerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabelkomunikasi trans-atlantik. Inilah infrastruktur masif pertamayang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasukiabad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terealisasitransmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yangpertama (Lallana, 2003:5).
Komunikasi suara tanpa kabelsegera berkembang pesat, dan kemudian bahkan diikuti pulaoleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siarantelevisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertamaberoperasi pada tahun 1943, yang kemudian diikuti olehtahapan miniaturisai komponen elektronik melalui penemuantransistor pada tahun 1947, dan rangkaian terpadu (integratedelectronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologielektronika, yang merupakan soko guru TIK saat ini,mendapatkan momen emasnya pada era perang dingin.Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blokTimur (eks Uni Sovyet) justru memacu perkembangan teknologielektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untukpengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesinperang.
Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaanrangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor.Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keraskomputer, dan terus berevolusi sampai saat ini.Di lain pihak, perangkat telekomunikasi berkembang pesat saatmulai diimplementasi-kannya teknologi digital menggantikanteknologi analog yang mulai menampakkan batas-batasmaksimal pengeksplorasiannya.
Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkatkomputer yang dari awal merupakan perangkat yangmengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilahyang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atasinfrastruktur telekomunikasi dan komputasi inilah kandungan isi(content) berupa multimedia, mendapatkan tempat yang tepatuntuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi-komputasimultimediainilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimanaabad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industrimenjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusiamaka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasikomputasi-multimedia terjadi melalui implementasi teknologidigital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atausetidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics)untuk maksud yang kurang lebih sama dengan TIK yang kitakenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematicssebagai telecommunication+informatics (telekomunikasi +informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science

Tidak ada komentar: